The Best Album GNR

Posted: 06UTC51 10,2011 in my music

Pertama kali saya mendengar album Appetite for Destruction, dalam benak saya tergambar, sex, rock and roll dan alkohol. 

Saat itu saya masih sekolah di SMA kelas 2 (tahun 1988). Iseng, ketika saya jalan-jalan ke toko kaset, mata saya terpikat oleh cover album ini, yang menurut saya unik dan menarik. Saya baca sekilas (dulu belum ada kak google) di lembaran resensi yang ada di toko kaset Aquarius Jl Dago, bahwa album ini adalah album perdana GNR. Who’s GNR? saya hanya tertarik melihat Slash dengan topi sulapnya yang menjulang tinggi. Kebetulan posternya terpampang di toko Aquarius yang sekarang sudah almarhum itu.

Selain sosok Slash, saya juga suka melengkingnya Axl Roses. Jujur, saya sampai meniru suara Axl ketika menyanyikan Welcome to The Jungle dan Sweet Child o Mine di kamar mandi. Kekuatan album ini menurut saya, selain kekuatan liriknya yang benar-benar vulgar (banyak mengumbar kata-kata kotor khas Amrik), adalah musiknya yang menggelegar. Ketukan drumnya kasar. Duo permainan gitar Slash dan Izzy Stradlin juga saling mengisi, meski kadang memekakkan telinga ketika diputar kencang-kencang. Dan suara Axl yang meliuk-liuk, keras, kasar tapi menurut para cewek, seksi.

Saya anggap ini album terbaik GNR dan koleksi kaset-kaset yang dimiliki. Lagu-lagu di album ini menurut telinga saya ‘remarkable’. It’s So Easy misalnya. Lagu ini benar-benar catchy. Axl menyanyi penuh percaya diri. Kemudian “Nightrain” dan “Mr Brownstone”. Dua lagu ini benar-benar menyelami kedalaman hiruk pikuk kota besar yang sarat dengan bisingnya polusi suara. Gemuruh drum Steven Adler yang menurut saya sangat sempurna di lagu ini, kasar, keras tak beraturan. Tapi itulah gelegar drum ala rock and roll. Belum lagi duel cekatan Slash dan Izzy yang saling bersahutan.  Bahkan dengan segala hormat, duo ini tak ada tandingannya ketika memainkan dua lagu ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s