Musik Tingkatkan Daya Ingat Verbal

Posted: 05UTC18 10,2011 in my music

Musik ternyata memang banyak gunanya. Menurut beberapa ilmuwan Cina, mempelajari musik dapat membantu memperbaiki kemampuan mengingat kata dalam jangka panjang. ”Kami merekomendasikan hal itu karena setelah ada penelitian, beberapa orang yang banyak mendengarkan musik lebih kuat hafalannya dibandingkan orang yang tidak mendengarkan musik,” kata Agnes Chan, salah seorang peneliti dari The Chinese University of Hong Kong.

Kendati berlatih musik bukan merupakan cara terlazim untuk meningkatkan daya ingat seseorang, para pakar di Hong Kong menunjukkan bahwa para musisi mengecap manfaat yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak berlatih musik. Kebiasaan bergulat dengan not dan tangga nada tampaknya dapat memperbesar wilayah otak yang disebut sebagai planum temporale kiri, yang berkaitan dengan kemampuan mengingat kata.

Teori yang dikemukakan oleh Agnes ini menyusul penelitiannya terhadap beberapa mahasiswa yang pernah mendapat pendidikan musik serta yang sama sekali tidak pernah belajar musik. Sebanyak 60 mahasiswi diteliti daya ingat verbalnya oleh Agnes. Separuh di antaranya berlatih musik sedikitnya selama enam tahun sebelum berusia 12 tahun.
Para mahasiswa itu kemudian dibagi dalam dua kelompok, kemudian mereka diminta untuk membaca daftar yang terdiri atas 16 kata sebanyak tiga kali dan memerintahkan mereka mengulangi kata yang dapat mereka ingat. ”Kami menemukan bahwa orang dewasa yang pernah mendapatkan pendidikan musik dapat menyebut lebih banyak kata daripada mereka yang tidak pernah mendapatkan pendidikan musik,” kata Chan dan para rekannya dalam surat yang dikirim ke jurnal sains, Nature.
Mereka berkeyakinan musik terbukti sangat bermanfaat bagi perkembangan daya ingat. ”Dalam kenyataanya ternyata lebih mudah melibatkan anak dalam pelajaran musik daripada strategi mengasah ingatan lainnya,” paparnya. Pelajaran musik juga berguna bagi mereka yang memiliki kelemahan dalam bidang bahasa. Penelitian itu mendukung kajian sebelumnya yang menghubungkan pelatihan musik dengan pembesaran cerebellum, yang membentuk bagian terbesar otak.
Para pakar dari Pusat Kedokteran Beth Israel Deaconess di Boston mendapati bahwa cerebellum dari para pakar musik ternyata lima persen lebih besar daripada mereka yang tidak pernah belajar musik. Kajian lain di AS juga menunjukkan bahwa mempelajari piano ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mempelajari matematika dan sains.
Para peneliti itu berharap mereka mampu mendapatkan informasi lebih banyak mengenai daya ingat verbal melalui penelitian mengenai dampak usia ketika mulai belajar musik dengan lamanya waktu mempelajari musik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s