Bila Perlu Dikorupsi

Posted: 05UTC44 10,2011 in foolitik

Markaban diutus partainya untuk mengikuti seminar ‘bagaimana caranya korupsi yang baik dan benar’ yang berlangsung di Israel. Hampir seluruh dunia, khususnya negara dunia ketiga mengirim wakil-wakilnya. Seusai mengikuti seminar yang melelahkan selama delapan ham, para peserta saling memperkenalkan diri. Kebetulan, Markaban bersama tiga ahli korupsi berasal dari Brazil, Uganda dan Vietnam.

Koruptor Vietnam,” Susah sekali sekarang ini melakukan korupsi di negara saya, ” ujarnya sedikit merengut. Markaban,” Kenapa?”

Koruptor Vietnam,” Di negara saya, korupsi dilakukan dibawah meja, sebab kalau ketahuan, resikonya ditembak mati,” ujarnya.

Giliran koruptor dari Brazil bicara,” Lebih enak di negara saya, korupsi dilakukan di atas meja, sebab sudah bukan hal yang aneh lagi,” ujarnya. Sedangkan koruptor dari Uganda mempunyai pendapat lain,”¬† Di negara saya, korupsi dilakukan bisa dimana saja, mau diatas meja atau di bawah meja, orang tak perduli,” katanya.

Mendengar semua itu, Markaban kemudian angkat bicara,” Tapi, semua masalah korupsi tak ada yang bisa mengalahkan negara saya. Di Indonesia, korupsi bukan hanya diatas meja atau dibawah meja, bila perlu mejanya pun kami korupsi!!!”

Dipanggil
Anaknya Markaban, Juminta dan Bahdampal sedang berbincang-bincang membanggakan kehebatan orangtuanya masing-masing. Anak Markaban dengan nada bicara angkuh mengatakan kepada dua temannya bahwa bapaknya dipanggil oleh presiden.” Semalam, bapakku ditelpon presiden. Ia diminta datang besok dan akan dijadikan sebagai Jaksa Agung,” ujarnya bangga. Anaknya Juminta tak mau kalah. ”Bapakku sebelum pemilu malah dipanggil oleh ketua MPR dan DPR diminta untuk menjadi ketua Mahkamah Agung,” paparnya.

Berbeda dengan anaknya Bahdampal. Dengan wajah tertunduk sedih, ia hanya mengatakan,” Sebelum pemilu, Bapakku malah dipanggil oleh Tuhan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s