God

Posted: 05UTC25 10,2011 in jadul

May 22nd, 2007 by mirone

Allah (bahasa Arab allāhu الله) adalah kata dalam bahasa arab yang merujuk pada “Tuhan“. Kata ini bermakna “Dia yang patut disembah”.

Kata ini lebih banyak dikenal sebagai sebutan Tuhan. Kata ini sendiri dikalangan para penutur bahasa arab, adalah kata yang umum untuk menyebut tuhan, terlepas dari agama mereka, termasuk penganutYahudi dan Kristen arab. Konsekuensinya, kata ini digunakan dalam terjemahan kitab suci agama Kristen dan Yahudi yang berbahasa arab.

Beberapa teori mencoba menganalisa etimologi dari kata “Allah”. Salah satunya mengatakan bahwa kata Allāh (الله) berasal dari gabungan dari kata al- (sang) dan ʾilāh (tuhan) sehingga berarti “Sang Tuhan”.

Teori lain mengatakan kata ini berasal dari kata bahasa AramAlāhā. Sejumlah cendekiawan terkadang menerjemahkan Allah menjadi “God” dalam bahasa Inggris. Namun demikian, sebagian yang lain mengatakan bahwa Allah tidak untuk diterjemahkan, dengan berargumen bahwa kata tersebut khusus dan agung sehingga mesti dijaga, tidak memiliki bentuk jamak dan gender (berbeda dengan God yang memiliki bentuk jamak Gods dan bentuk feminin Goddess dalam bahasa inggris). Isu ini menjadi penting dalam upaya penerjemahan Al Qur’an.

Dalam Islam, Allah adalah satu-satunya Tuhan (tanpa sekutu) sang pencipta, Tuhan dari IbrahimIshak dan Yakub, sebagaimana juga Isadan Muhammad.

Al Qur’an menyatakan Muhammad dan pengikutnya menyembah Tuhan yang sama dengan yang disembah Yahudi”. Allah-nya Al Qur’an adalah Tuhan sang pencipta yang ada dalam kisah Ibrahim. Al Qur’an menggambarkan Allah lebih berkuasa dan jauh dibandingkan dengan Yahweh, dan juga merupakan Tuhan universal, tidak seperti Yahweh yang lebih dekat dengan bangsa Israel. Ada 99 nama untuk Allah (Asmaaul Husna), diambil dari nama-nama yang digunakan Al Qur’an untuk merujuk kepada Allah. [5]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s